Pages

Subscribe:

Khasiat Dan Manfaat Licorice

Licorice(akar manis) adalah ramuan abadi dari wilayah Mediterania, tumbuhan ini diyakini berasal dari timur tengah. Tumbuhan Licorice masih dalam kerabat Papilionaceae, Licorice Dikenal selama lebih dari 35 abad, terjemahan namanya dari bahasa yunani yang berarti "akar manis", khasiat dan manfaat licorice atau tumbuhan akar manis digunakan untuk tujuan pengobatan oleh dokter Cina kuno dan dikutip oleh Hippocrates sebagai zat kuratif anti batuk.

Dokumen Tertua mengungkap tentang  khasiat dan manfaat licorice juga sifat-sifatnya, sekitar 6.000 tahun yang lalu dan Licorice bahkan di temukan jejaknya di makam firaun Mesir. Licorice ataupun akar manis memiliki sifat penyembuhan, seperti telah kita lihat, dan sudah diketahui oleh pakar obat yunani-Roma, Mesir dan India, dan fakta saat ini, menurut sebuah penelitian oleh Rutgers Univerity of New Jersey, licorice juga terbukti menjadi senjata yang sangat ampuh terhadap beberapa jenis kanker.

Kandungan zat pada Licorice (akar manis)

Bahan aktif dari licorice terdiri dari saponin triterpenoid, terutama glycyrrhizin, triterpen dan styrenes, sekitar 30 antara flavonoid dan isoflavonoid, kolin, betain dan zat pahit lainnya.

Manfaat Licorice Untuk Pengobatan

Sejak awal tahun 80-an telah menunjukkan manfaat dari beberapa bahan aktif dari licorice sangat baik untuk melawan berbagai jenis infeksi virus, tetapi kabar yang lebih positif datang dari Amerika di mana beberapa peneliti New Jersey telah menguji molekul berasal dari licorice, BHP, pada jaringan prostat yang diambil dari kanker dan kanker payudara.

Hasil kajian telah menunjukkan bahwa sifat-sifat molekul ini dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker yang tercantum di atas. Melalui studi-studi yang telah memperluas harapan bagi penderita kanker untuk pelaksanaan terapi baru dan lebih efektif. Sangat Menarik untuk digarisbawahi, fakta bahwa BHP milik kelas polifenol, yang seperti kita ketahui, mengerahkan tindakan antitumor yang efektif. Saat ini, licorice dan ekstrak yang secara rutin digunakan sebagai: perawatan pernapasan, anti-inflamasi dan penyembuhan, pencahar, pelindung pembuluh darah, hipertensi, pemanis minuman Alami.

Sebuah Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Nankai di Cina mengungkapkan bahwa licorice bisa dijadikan sekutu yang baik dalam pengobatan kanker hati, tampaknya bahwa isi dari asam glycyrrhizic di licorice dapat digunakan sebagai "transporter" untuk membawa obat menuju target kanker . Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Jurnal "Kimia & Industri" china .

Efek kardiovaskular

Berbagai zat yang diekstrak dari akar licorice, pertama dan terutama glabridine, baik dalam kuantitas dan kualitas, telah membuktikan tindakan efektif terhadap kolesterol dan aterosklerosis.