Pages

Subscribe:

Chest Pain

Tinjauan Umum
Nyeri dada . Hal pertama yang mungkin pikirkan setiap orang adalah serangan jantung . Tentu nyeri dada bukanlah sesuatu untuk diabaikan. Tapi yang harus diketahui bahwa nyeri dada/chest pain memiliki banyak kemungkinan penyebab. Bahkan, sebanyak seperempat penduduk AS mengalami nyeri dada yang tidak terkait dengan jantung. Nyeri dada juga dapat disebabkan oleh masalah dalam paru-paru, kerongkongan, otot, tulang rusuk, atau saraf, misalnya. Beberapa kondisi serius dan mengancam nyawa.

Diganosa Banding dan Etiologi


1. Nyeri Dada Penyebaba Maslah Jantung :
Meskipun tbukan satu-satunya penyebab nyeri dada, masalah jantung adalah merupakan penyebab umum ;

Angina. Sebuah penyumbatan di pembuluh darah jantung yang mengurangi aliran darah dan oksigen ke jantung, menyebabkan rasa sakit tapi kerusakan tidak permanen ke jantung. Rasa sakit dada dapat menyebar ke lengan, bahu, rahang, atau punggung. Hal bisa dirasakan sebagai tekanan pada dada atau sensasi diremas. Dengan latihan, kegembiraan, atau gangguan emosi, rasa sakit dada dari angina yang hilang dengan istirahat.

Infark miokard (serangan jantung). Penurunan aliran darah melalui pembuluh darah jantung menyebabkan kematian sel-sel otot jantung. Meskipun mirip dengan nyeri dada pada angina, serangan jantung biasanya merupakan rasa sakit yang lebih parah dan tidak berkurang dengan istirahat.

Miokarditis. Merupakan radang otot jantung yang dapat menyebabkan demam, kelelahan, dan kesulitan bernapas. Meskipun tidak ada penyumbatan, gejala miokarditis dapat mirip dengan serangan jantung.

Perikarditis. Ini adalah peradangan atau infeksi pada kantung di sekitar jantung. Hal ini dapat menyebabkan nyeri mirip dengan yang disebabkan oleh angina. Namun, sering menyebabkan rasa sakit tajam sepanjang leher bagian atas dan otot bahu. Kadang-kadang makin besar ketika bernapas, menelan makanan, atau berbaring telentang.

Kardiomiopati hipertrofik. Gagal jantung terjadi ketika otot jantung menjadi tebal. Hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Seiring dengan terjadinya nyeri dada, jenis kardiomiopati dapat menyebabkan pusing, sesak napas, dan gejala lainnya.

Mitral valve prolapse. Prolaps katup mitral adalah suatu kondisi dimana katup di jantung gagal untuk menutup dengan benar. Berbagai gejala telah dikaitkan dengan prolaps katup mitral, termasuk nyeri dada, jantung berdebar, dan pusing.

Diseksi arteri koroner. Berbagai faktor dapat menyebabkan kondisi langka ini, yang terjadi ketika terjadi kebocoran dan menyerupai tetesan air mata di arteri koroner. Hal itu dapat menyebabkan sakit parah tiba-tiba dengan sensasi merobek yang menjalar naik ke leher, punggung, atau perut.

2. Nyeri Dada Penyebab Masalah ParuMasalah dengan paru-paru bisa menyebabkan berbagai jenis nyeri dada. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari sakit di dada:

Pleuritis. Juga dikenal sebagai radang selaput dada, kondisi ini adalah peradangan atau iritasi pada lapisan paru-paru dan dada. Seseorang mungkin merasakan nyeri tajam ketika bernapas, batuk, atau bersin. Penyebab paling umum nyeri dada pleuritik adalah infeksi bakteri atau virus, emboli paru, dan pneumotoraks. Penyebab kurang umum lainnya termasuk rheumatoid arthritis, lupus, dan kanker .

Pneumonia atau abses paru. Infeksi paru-paru dapat menyebabkan jenis pleuritik dan lainnya dari nyeri dada. Pneumonia sering datang tiba-tiba, menyebabkan demam, menggigil, batuk, dan batuk nanah dari saluran pernapasan.

Emboli paru. Ketika bekuan darah bergerak melalui aliran darah dan organ paru, ini dapat menyebabkan radang selaput dada akut, kesulitan bernapas, dan detak jantung yang cepat. Hal ini juga dapat menyebabkan demam dan shock. Emboli paru adalah lebih mungkin mengikuti deep vein thrombosis atau setelah bergerak selama beberapa hari.

Pneumotoraks. Sering disebabkan oleh cedera pada dada, pneumotoraks terjadi ketika bagian dari paru-paru runtuh/bocor, melepaskan udara ke dalam rongga dada. Ini juga dapat menyebabkan rasa sakit yang makin besar ketika bernapas, serta gejala lain, seperti tekanan darah rendah .

Paru hipertensi. Dengan nyeri dada menyerupai angina, keadaan ini merupakan nilai abnormal dimana tingginya tekanan darah di arteri paru-paru membuat sisi kanan jantung bekerja terlalu keras.

Asma. Menyebabkan sesak napas, mengik, batuk, dan kadang-kadang nyeri dada, asma adalah gangguan inflamasi saluran napas.

3. Nyeri Dada Penyebab Masalah Gastrointestinal
Refluks asam merupakan penyebab yang sangat umum nyeri dada yang tidak berhubungan dengan jantung. Lambung terarasa sakit dan dapat menjalar sehingga menimbulkan sensi yang mirip serangan jantung karena jantung dan esofagus terletak dekat dengan satu sama lain dan berbagi jaringan saraf. Masalah gastrointestinal lain juga dapat menyebabkan nyeri dada.

Gastroesophageal reflux disease (GERD). Juga dikenal sebagai refluks asam, GERD terjadi ketika isi perut bergerak kembali ke tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan rasa asam di mulut dan sensasi terbakar di dada atau tenggorokan, yang dikenal sebagai mulas. Faktor-faktor yang dapat memicu asam surutnya termasuk obesitas, merokok , kehamilan, dan makanan pedas atau berlemak.

Gangguan kontraksi kerongkongan. Kontraksi otot tidak terkoordinasi (kejang), tekanan kontraksi masalah lain di kerongkongan yang dapat menyebabkan nyeri dada.

Hipersensitivitas kerongkongan. Hal ini terjadi ketika kerongkongan menjadi sangat menyakitkan pada perubahan terkecil dalam tekanan atau paparan asam. Penyebab sensitivitas ini tidak diketahui.

Ruptur esofagus A, dapat menyebabkan nyeri dada tiba-tiba, muntah atau. Prosedur yang melibatkan kerongkongan mungkin merupakan tanda dari sebuah adanya iritasi di kerongkongan.

Tukak lambung. Sebuah ketidaknyamanan samar yang berulang dan merupakan hasil dari luka yang menyakitkan pada lapisan lambung atau bagian pertama dari usus kecil. Lebih umum terjadi pada orang yang merokok atau minum banyak alkohol, rasa sakit sering mendapat lebih baik ketika makan atau mengkonsumsi antasid.

Hernia hiatus. Ini masalah yang umum terjadi ketika bagian atas perut mendorong ke dalam dada bagian bawah setelah makan. Nyeri cenderung menjadi lebih buruk ketika berbaring.

Pankreatitis. adanya rasa sakit di dada bagian bawah yang sering lebih buruk ketika berbaring datar dan lebih baik ketika bersandar ke depan.

Masalah kandung empedu. Setelah makan makanan berlemak, sensasi penuh atau nyeri di daerah dada kanan bawah atau bagian atas kanan perut, nyeri dada mungkin karena masalah kantong empedu. 


4. Nyeri Dada Penyebab Masalah Dada dinding
Costochondritis, merupakan jinak peradangan dari kartilago kosta, yang merupakan panjang tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk masing-masing, kecuali kesebelas dan kedua belas, dengan tulang dada. Hal ini menyebabkan nyeri di dada yang dapat direproduksi dengan menekan pada daerah yang terkena antara tulang rusuk. Nyeri ini dapat menyiksa, terutama setelah latihan yang ketat.

Masalah saraf spinal,

Fibromyalgia
Masalah Dinding dada

Radiculopathy
Tangkapan sindrom prekordial
- bentuk lain yang jinak dan tidak berbahaya pada sakit dada, sensasi tajam, lokal dan sering keliru untuk penyakit jantung
Kondisi Payudarai
Herpes zoster 
Tuberkulosis
5. Nyeri Dada Penyebab Masalah Psikologi
Serangan panik
Kegelisahan
Depresi klinis
Somatisasi gangguan
Keadaan murung


Penanganan
Sangat penting untuk menilai lebih cermat adanya nyeri dada terutama masalah nyeri dada yang dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu sangat penting untuk mendapatkan informasi detil tentang masalah nyeri dada dalam dignosa banding.


Sumber  :
  1. http://www.webmd.com/pain-management/guide/whats-causing-my-chest-pain
  2. http://www.emedicinehealth.com/chest_pain/article_em.htm
  3. http://www.nhs.uk/conditions/chest-pain/Pages/Introduction.aspx
  4. http://heartdisease.about.com/cs/coronarydisease/a/CP1.htm
  5. http://www.dailymail.co.uk/health/article-1224311/Why-chest-pain-sign-heart-attack.html
  6. http://www.mayoclinic.com/health/chest-pain/DS00016
  7. http://www.medicinenet.com/chest_pain/article.htm
  8. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/003079.htm
  9. http://en.wikipedia.org/wiki/Chest_pain