Pages

Subscribe:

5 Makanan pemberi energi sebelum berolahraga

klinik kesehatankuSebelum berolahraga, sebaiknya Anda memang tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat. Namun sebaiknya Anda tetap mengisi perut dengan makanan pemberi energi seperti yang dilansir dari Yahoo Shine (17/10) berikut ini.

Kopi
Pelari akan menikmati secangkir kopi sebelum mengambil langkah pertama mereka. Peneliti memang pernah membuktikan bahwa kafein dalam kopi memberi stamina pada tubuh. Sehingga seseorang akan lebih tahan lama ketika berlari. Jika bukan penggemar kopi, Anda bisa menikmati teh hijau atau menambahkan susu tanpa gula untuk diminum sebelum Anda berolahraga.

Jahe
 Nyeri otot sering dirasakan setelah olahraga berat. Namun ada cara mudah mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan jahe. Mengonsumsi setengah sendok teh jahe mentah mampu menurunkan rasa nyeri sebanyak 25 persen, demikian menurut penelitian terbaru. Cara menikmatinya, campurkan jahe dalam teh demi mendapatkan khasiatnya.

Apel
Buah yang satu ini mengandung quercetin yang mampu meningkatkan metabolisme. Melalui sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen quercetin mampu membuat atlet bersepeda bertahan 13 persen lebih lama dalam mengayuh. Jadi, jangan ragu mengonsumsi apel sebelum Anda berolahraga.

Jus cherry
Inflamasi sering menyerang otot dan memicu rasa sakit dan pembengkakan saat akan melakukan olahraga yang berikutnya. Demi menghindari masalah tersebut, Anda sebaiknya mengonsumsi jus cherry. Sebab kandungan polyphenol dalam cherry disebut mampu meredakan inflamasi. Faktanya, atlet yang mengonsumsi cherry setiap hari tujuh hari sebelum dan dua hari setelah latihan berat membuat kondisi otot pulih lebih cepat.

Bit
Terakhir, makanan yang mampu memberi energi sebelum Anda berolahraga adalah bit. Fungsi utama sayuran ini adalah membantu oksigen lebih cepat tersalurkan pada otot tubuh. Sehingga Anda tidak akan mudah lelah dan mampu berolahraga lebih maksimal.
Sudah siap melakukan aktivitas fisik yang lebih berat? Jika iya, jangan lupa menikmati makanan tersebut di atas ya!

sumber : merdeka.com