Pages

Subscribe:

Khasiat Dan Efek Samping Vitamin A

Khasiat Dan Efek Samping Vitamin A


Definisi Vitamin A


Vitamin A ( retinol ) terlebih ada pada kandungan minyak ikan, hati, kuning telur, mentega serta cream. Vitamin A juga terdapat pada sayuran berdaun hijau serta sayuran berwarna kuning memiliki kandungan karoten ( contohnya beta-karoten ), yang dengan perlahan dapat diubah oleh tubuh jadi Vitamin A.

sebagian besar Vitamin A disimpan di hati. di antara wujud dari Vitamin A ( retinol ) adalah komponen dari fotoreseptor ( beberapa sel saraf yang sensitif pada sinar ) didalam retina mata untuk menguatkan pandangan kita. Bentuk atau Wujud lain dari Vitamin A ( asam retinoat ) bertindak sangat penting saat menjaga kesehatan kulit, lapisan paru-paru, usus serta saluran kemih. obat-obatan untuk perawatan yang terkait dengan Vitamin A ( retinoid ), dipakai untuk menyembuhkan jerawat yang kronis serta tetap didalam penelitian untuk menyembuhkan type kanker spesifik.

Ilustrasi: Vitamin A Alami


Dampak ( efek ) Kekurangan Konsumsi Vitamin A

Kekurangan Vitamin A banyak ditemukan di lebih dari satu tempat layaknya asia tenggara, di mana padi yang digiling jadi beras ( yang memiliki kandungan sedikit Vitamin A ) adalah makanan pokok.
lebih dari satu penyakit yang merubah kekuatan usus saat menyerap lemak serta Vitamin yang larut didalam lemak, menambah efek terjadinya kekurangan Vitamin A  penyakit tersebut merupakan :

- penyakit seliak
- fibrosa kistik
- penyumbatan saluran empedu.

pembedahan pada usus atau pankreas akan berikan dampak yang sama.

Gejala atau tanda-tanda pertama dari kekurangan Konsumsi Vitamin A, umumnya merupakan rabun senja. lantas dapat timbul pengendapan berbusa( bintik bitot ) didalam bagian putih mata ( sklera ) serta kornea dapat mengeras serta membentuk jaringan parut ( xeroftalmia ), yang dapat mengakibatkan kebutaan yang meyebabkan permanen.

malnutrisi pada saat kanak-kanan ( marasmus serta kwashiorkor ), kerap dibarengi dengan xeroftalmia ; bukan hanya dikarenakan kurangnya Vitamin A didalam makanan, namun juga dikarenakan kekurangan kalori serta protein menghalangi pengangkutan atau penyerapan Vitamin A, maka dampak yang diakibatakan adalah kulit serta lapisan paru-paru, usus serta saluran kemih dapat mengeras.

Kurangnya konsumsi Vitamin A juga mengakibatkan peradangan kulit ( dermatitis ) serta menambah kemungkinan mudah terkena infeksi. lebih dari satu penderita alami anemia.
pada kekurangan Vitamin A, kandungan Vitamin A didalam darah menurun sampai kurang dari 15 mikrogram/100 ml ( kandungan normal 20-50 mikrogram/100 ml ). kekurangan Vitamin A diobati atau di tanggulangi dengan pemberian Vitamin A tambahan atau suplemen sejumlah 20 kali dosis harian yang disarankan sepanjang 3 hari berturut-turut. lantas diikuti dengan pemberian sejumlah 3 kali dosis harian yang disarankan untuk konsumsi sepanjang 1 bln.. seterusnya sehingga seluruh tanda-tanda kekurangan Vitamin A telah hilang. penderita yang gejala-gejalanya tidak hilang didalam 2 bln. sesudah penyembuhan, mesti selekasnya dievaluasi untuk tahu kemungkinan adanya malnutrisi.

Efek ( dampak ) Berlebihan Konsumsi Vitamin A

Berlebihan dalam mengkonsumsi Vitamin A bisa mengakibatkan efek keracunan, baik itu terjadi pada satu kali pemberian ( keracunan akut ) maupun didalam waktu waktu yang lama ( keracunan kritis ).

Keracunan Akut Vitamin A


Kasus Penjelajah kutub utara mengalami Efek ngantuk, gampang tersinggung, sakit kepala serta muntah didalam lebih dari satu jam sesudah mengonsumsi hati beruang kutub atau hati anjing laut, yang banyak memiliki kandungan Vitamin A. tablet suplemen yang memiliki kandungan Vitamin A sejumlah 20 kali dosis harian yang disarankan, yang dipakai untuk pencegahan serta meringankan penyakit kulit, terkadang mengakibatkan tanda-tanda sama, apalagi bila diminum tanpa mengikuti panduan atau aturan konsumsi.

Keracunan Kronis Vitamin A

Kasus keracunan kritis pada usia anak-anak hingga orang dewasa umumnya adalah disebabkan berlebihan mengonsumsi Vitamin A, atau konsumsi dosis besar ( 10 kali lebih besar dari dosis harian yang disarankan ) sepanjang berbulan-bulan.
keracunan Vitamin A bisa terjadi pada bayi didalam lebih dari satu minggu.
tanda-tanda awal dari keracunan kritis merupakan :

- rambut yang jarang serta kasar ( ketebalan rambut berkurang )
- kerontokan pada sebagian bulu-bulu badan dan bulu mata
- bibir yang pecah-pecah
- Kehalusan kulit hilang, kulit yang kering serta kasar.

sakit kepala hebat, peningkatan tekanan didalam otak serta kelemahan umum terjadi. perkembangan tulang serta nyeri sendi kerap terjadi, terlebih pada usia anak-anak. hati serta limfa bisa membesar.
bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi isotretinoin ( Vitamin A buatan yang dipakai untuk menyembuhkan kelainan kulit ) sepanjang kehamilan, dapat menimbulkan bayi mengalami cacat lahir.

Diagnosa keracunan Vitamin A di tunjukan menurut tanda-tanda serta tingginya kandungan Vitamin A didalam darah. tanda-tanda dapat menghilang didalam 4 minggu sesudah penghentikan penggunaan Vitamin A tambahan. Konsumsi Vitamin A yang aman adalah vitamin alami, beta-karoten ada didalam sayuran layaknya wortel, diubah dengan perlahan oleh tubuh jadi Vitamin A serta bisa dikonsumsi didalam jumlah besar tanpa mengakibatkan keracunan. meskipun kulit dapat beralih jadi kuning tua ( karotenosis ), terlebih kulit di telapak tangan serta telapak kaki, namun tidak menyebabkan dampak atau efek samping yang lain.

Vitamin tambahan untuk mata yang sehat, ada tiga jenis Vitamin utama yang dibutuhkan untuk menjaga manfaat penglihatan tak hanya Vitamin A yakni : Vitamin C, Vitamin E serta lutein.

- Vitamin A berperan melindungi kekuatan penglihatan pada malam hari serta didalam sinar rendah. Vitamin A bisa ditemukan pada wortel, bayam, brokoli, ubi jalar, labu, telur, keju, serta mentega.

- Vitamin C sangat berperan untuk dijadikan antioksidan yang menolong menghindar katarak. Vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan. keperluan Vitamin C juga bisa dipenuhi dari beragam suplemen Vitamin C yang dijual di pasaran.

- Vitamin E juga bertindak untuk jadikan antioksidan yang menghindar rusaknya sel serta penuaan mata. asparagus, alpukat, susu, telur, bayam, kacang-kacangan, minyak sayur, serta gandum merupakan perumpamaan sumber Vitamin E.

- komponen lain yang juga sangat mutlak merupakan lutein. lutein bisa ditemukan didalam sayuran hijau serta telur, bermanfaat untuk menghindar degenerasi mata.


Khasiat Dan Efek Samping Vitamin A

Sumber: