Pages

Subscribe:

Tips Cerdas Atasi Jerawat

klinik kesehatanku

Jerawat masih menjadi 'musuh' banyak orang, utamanya kaum hawa. Nyaris semua orang pernah berjerawat. Umumnya jerawat nongol pada masa remaja, tapi tak sedikit ada yang permanen sampai seseorang menginjak dewasa.

Delapan dari 10 perempuan muda pernah mengalami masalah dengan jerawat. Kondisi ini diperparah dengan mitos yang acap melahirkan kerancuan dan ketidakpastian perihal cara mengatasi jerawat dengan tepat.

Dari 460 juta orang di Asia yang memiliki masalah dengan jerawat, hanya 40 persen di antaranya yang mencari pertolongan dokter. Itu pun hanya mereka yang sudah merasa terganggu hingga memengaruhi penampilan, rasa percaya diri, dan aktivitas.

Menurut dr. Tina Wardhani Wisesa SpKK(K), secara alami minyak dihasilkan oleh tubuh untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun, produksi minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

“Kunci untuk mendapatkan kulit sehat dan bebas jerawat adalah menanganinya dengan tepat, efektif serta berkesinambungan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit,” terang dia.

Selain memperhatikan perawatan kulit, makanan juga bisa memicu munculnya jerawat. “Jangan menganggap merawat kulit sebagai beban. Ibarat tubuh perlu makan, kulit juga butuh perawatan tepat dan terus menerus,” jelas Tina.

Tina menyarankan remaja melakukan ritual dasar perawatan kulit, dengan membersihkannya secara teratur. “Hindari menggunakan kosmetika berat saat remaja. Jika harus memakai kosmetik, pilihlah bedak tabur agar mudah dibersihkan. Pembersihan kosmetik tak sempurna bisa memicu jerawat,” jelasnya.

Pemakaian baju terlalu ketat sehingga tak menyerap keringat bisa menghasilkan bruntusan, kondisi mirip jerawat di punggung. “Jika hal ini sampai menimbulkan infeksi, membutuhkan perawatan lebih lanjut. Bisa jadi selain obat luar, dokter juga akan memberikan obat yang harus diminum untuk mengatasi jerawat,” kata Tina.

Terkait dengan jerawat punggung yang dialami sebagian orang, solusi untuk mengatasinya harus disesuaikan dengan jenis jerawatnya.

“Ada jerawat punggung yang merupakan perluasan dari jerawat wajah. Namun ada juga jerawat punggung bukan jerawat biasa, karena penyebabnya bisa dari obat atau vitamin yang dikonsumsi untuk kekuatan otot. Jerawat semacam ini sifatnya akut dan tidak menahun,” kata Tina.

Untuk mengatasi jerawat, Tina menyarankan konsultasi ke dokter kulit agar diberikan solusi yang teopat sesuai dengan jenis jerawatnya.

sumber : Metrotvnews.com