Pages

Subscribe:

Asthma (Asma)

Asma (dari bahasa Yunani ; "terengah-engah") adalah penyakit inflasi kronis dari saluran udara yang ditandai dengan berbagai variabel gejala dan berulang, obstruksi aliran udara reversibel, dan bronkospasme. Gejala meliputi mengi, batuk, sesak dada, dan sesak napas. Asma secara klinis diklasifikasikan sesuai dengan frekuensi gejala, volume ekspirasi paksa dalam 1 detik ( FEV1 ), dan laju aliran ekspirasi puncak. Asma juga dapat diklasifikasikan sebagai atopik (ekstrinsik) atau non-atopik (intrinsik).

Hal ini diduga disebabkan oleh kombinasi genetik dan faktor lingkungan. Pengobatan gejala akut biasanya dengan short-acting inhalasi agonis beta-2 (seperti salbutamol). Gejala dapat dicegah dengan menghindari pemicu, seperti alergen dan iritasi, dan dengan menghirup kortikosteroid. Leukotriene antagonis kurang efektif dibandingkan kortikosteroid.



Diagnosa biasanya dibuat berdasarkan pola gejala dan / atau respon terhadap terapi dari waktu ke waktu. Prevalensi asma telah meningkat secara signifikan sejak tahun 1970-an. Pada 2010, 300 juta orang terkena dampak di seluruh dunia. Pada tahun 2009 asma menyebabkan 250.000 kematian secara global. (trus....emang harus bilang wow gitu)

Penyebab
Asma memiliki berbagai penyebab, tetapi para ilmuwan masih tidak tahu persis. Memiliki saluran udara sensitif, riwayat keluarga asma atau alergi terhadap satu atau lebih pemicu asma.

Beberapa dokter percaya saluran udara menjadi sensitif karena sel-sel di paru-paru yang rusak oleh virus. Namun ada jug ayang berpendapat bahwa kerusakan awal disebabkan oleh reaksi alergi yang menyebabkan paru-paru bereaksi berlebihan terhadap infeksi virus.

Salah satu faktor predisposisi yang paling umum untuk asma adalah alergi terhadap:
  • Debu rumah tungau
  • Mould spora
  • Serbuk sari
  • Hewan (kucing, anjng, kecoa, tikus, dll)
  • Alergi makanan
Setiap orang memiliki beberrapa faktor predisposisi yang berbeda yang dapat mencetus asma.
  
Genetika dan asmaAsma cenderung berjalan dalam keluarga yang rentan terhadap alergi. Sebuah keluarga di mana beberapa anggota memiliki asma dan yang lain memiliki alergi lain, seperti eksim, hay fever atau rhinitis alergi, membuat seseorang lebih mungkin untuk terserang asma itu sendiri. Namun, karena ada begitu banyak faktor yang terlibat, sulit untuk memprediksi siapa dalam keluarga akan mengembangkan kondisi asma.

Meskipun kecenderungan penderita asma dan alergi diwariskan, hingga sejauh ini tidak ada gen tunggal yang terlibat sebagai pencetus asma. Hingga kini para ilmuwan sedang mencari gen yang terlibat dalam asma yang akhirnya dapat menyembuhkan asma.

Faktor lingkungan dan asmaFaktor lingkungan yang meningkatkan risiko terkena asma meliputi:
  • Paparan alergen selama kehamilan (misalnya dari makanan dalam diet ibu) yang peka dimana sistem kekebalan tubuh bayi yang belum lahir ini
  • Infeksi seperti pilek selama awal kehidupan
  • Dibesarkan di sebuah rumah di mana ada hewan peliharaan (terutama kucing)
  • Diperkenalkan terhadap makanan tertentu seperti susu sapi dan telur di usia muda
  • Dilahirkan pada waktu tahun ketika jumlah serbuk sari dengan polusi tinggi
  • Terpapar asap rokok dalam rahim atau awal kehidupan - bayi yang ibunya merokok dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan asma
  • Polusi udara
Klasifikasi
Global Initiative mendefinisikan asma sebagai "gangguan peradangan kronis pada saluran napas di mana banyak sel dan elemen seluler berperan. Peradangan kronis dikaitkan dengan hyper responsiveness napas yang mengarah pada episode berulang dari mengi, sesak napas, sesak dada dan batuk terutama pada malam hari atau di pagi hari. Episode ini biasanya berhubungan dengan obstruksi aliran udara yang luas, tetapi variabel dalam paru-paru yang sering reversibel baik secara spontan maupun dengan pada kasus yang sudah menjalani pengobatan
Asma secara klinis diklasifikasikan sesuai dengan frekuensi gejala, volume ekspirasi paksa dalam 1 detik (FEV 1), dan laju aliran ekspirasi puncak. Asma juga dapat diklasifikasikan sebagai atopik (ekstrinsik) atau non-atopik (intrinsik), berdasarkan pada gejala yang dipicu oleh alergen (atopik) atau tidak (non-atopik).

Sedangkan asma diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahan, saat ini tidak ada metode yang jelas untuk mengklasifikasikan subkelompok yang berbeda dari asma di luar sistem ini. Mencari cara untuk mengidentifikasi subkelompok yang merespon dengan baik untuk berbagai jenis perawatan adalah tujuan penting penelitian asma saat ini.

Meskipun asma adalah merupakan kondisi obstruktif kronis, namun tidak dianggap sebagai bagian dari penyakit paru obstruktif kronik sebagai istilah yang merujuk secara khusus untuk kombinasi penyakit yang ireversibel seperti bronkiektasis, bronkitis kronis, dan emfisema. Tidak seperti penyakit ini, obstruksi jalan napas pada asma biasanya reversibel, namun jika tidak diobati, peradangan kronis dari asma dapat menyebabkan paru-paru menjadi terhambat secara ireversibel karena remodeling saluran napas. Berbeda dengan emfisema, asma mempengaruhi bronkus, bukan alveoli.

 Klasifikasi Klinis Asma
Keparahan pada pasien ≥ 12 tahun Gejala frekuensi Malam saat gejala % FEV 1 dari prediksi FEV 1 Variabilitas Penggunaan short-acting beta agonist 2 untuk pengendalian gejala (bukan untuk pencegahan EIB)
Berselang
≤ 2 per minggu
≤ 2 per bulan ≥ 80% <20% ≤ 2 hari per minggu
Mild persisten > 2 per minggu
tapi tidak setiap hari
3-4 per bulan ≥ 80% 20-30% > 2 hari / minggu
tapi tidak setiap hari
Moderat persisten Sehari-hari > 1 per minggu tapi tidak malam 60-80% > 30% Sehari-hari
Persisten berat Sepanjang hari Sering (sering 7 × / minggu) <60% > 30% Beberapa kali per hari

Diagnosa Test
 
Fungsi paru Tes (Fungsi Paru)
Tes fungsi paru-paruu diguakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki asma atau masalah paru-paru lainnya. Tes fungsi paru-paru menggunakan tes yang disebut spirometri (spi-ROM-eh-tre) untuk memeriksa bagaimana paru-paru bekerja. Tes ini mengukur berapa banyak udara masuk saat bernapas dan keluar. Hal ini juga mengukur seberapa cepat bisa menghembuskan udara keluar.

Dokter mungkin memberikan obat dan kemudian melakukan tes ulang  untuk melihat apakah hasilnya telah membaik. Jika hasil tes lebih rendah dari normal dan membaik dengan obat, dan jika riwayat medis menunjukkan pola gejala asma, diagnosis dengan asma bisa diputuskan. 

Tes lainnyaDokter mungkin akan merekomendasikan tes lain jika membutuhkan informasi lebih baik untuk membuat diagnosis. Tes-tes lain mungkin termasuk :
  • Tes alergi untuk mengetahui alergen yang mempengaruhi asma, jika ada.
  • Sebuah tes untuk mengukur seberapa sensitif saluran udara. Ini disebut bronchoprovocation (Brong-KO-prav-eh-KA-shun) tes. Menggunakan spirometri, tes ini berulang kali mengukur fungsi paru-paru selama aktivitas fisik
  • Sebuah tes untuk menunjukkan menilai kondisi lain dengan gejala yang mirip dengan asma, seperti penyakit refluks, disfungsi pita suara, atau sleep apnea.
  • X ray dada atau EKG (elektrokardiogram). Tes ini akan membantu mengetahui apakah benda asing di saluran napas atau penyakit lain mungkin menyebabkan gejala asma. 
Penanganan
Asma adalah penyakit jangka panjang yang tidak bisa disembuhkan namun gejala biasanya dapat diperbaiki.
Perawatan yang paling efektif untuk asma adalah mengidentifikasi pemicu, seperti asap rokok, binatang peliharaan, atau aspirin, dan meghilangkn paparan tersebut. Jika menghindari pemicu tidak cukup, maka penggunaan obat-obatan sangat dianjurkan dianjurkan. Obat farmasi dipilih berdasarkan, antara lain ; tingkat keparahan penyakit dan frekuensi gejala. Obat khusus untuk asma secara luas diklasifikasikan ke dalam kategori short acting (bekerja cepat dan lama efek reaksi yang singkat) dan long-acting (bekerja secara bertahap dan memiliki jangka waktu lama).

Bronkodilator yang direkomendasikan untuk bantuan jangka pendek pada gejala asma. Pada mereka dengan serangan sesekali, tidak ada obat lain yang diperlukan. Jika penyakit persisten ringan hadir (lebih dari dua serangan seminggu), dosis rendah inhalasi glukokortikoid atau alternatif, oral antagonis leukotriene atau stabilizer sel mast dianjurkan. Bagi mereka yang menderita serangan harian, dosis yang lebih tinggi dari glukokortikoid inhalasi digunakan. Dalam eksaserbasi asma berat, glukokortikoid oral ditambahkan ke perawatan ini

Tujuan pengobatan asma adalah untuk mengendalikan penyakit ini. Kontrol asma yang baik akan :
  • Mencegah gejala kronis dan masalah, seperti batuk dan sesak napas
  • Mengurangi kebutuhan untuk cepat/ketergantungan bantuan obat-obatan
  • Membantu mempertahankan fungsi paru-paru yang baik
  • Mempertahankan tingkat aktivitas normal dan menjaga tidur sepanjang malam
  • Mencegah serangan asma yang bisa mengakibatkan kunjungan ruang gawat darurat atau tinggal di rumah sakit

Sumber ;
  1. http://www.bbc.co.uk/health/conditions/asthma/
  2. http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/asthma/
  3. http://www.cdc.gov/asthma/
  4. http://www.lung.ca/diseases-maladies/asthma-asthme_e.php
  5. http://www.webmd.com/asthma/guide/asthma-triggers
  6. http://www.webmd.com/asthma/default.htm
  7. http://en.wikipedia.org/wiki/Asthma