Pages

Subscribe:

Salah ukuran bra bahayakan kesehatan




klinik kesehatankuFaktanya, 80 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang tak sesuai dengan mereka. Ukuran bra memang tampak remeh. Namun ukuran bra yang salah bisa berakibat fatal pada kesehatan.
Berdasarkan penelitian di Sport Medicine Australia dan Breast research Australia, mengenakan bra dengan ukuran yang salah bisa menyebabkan masalah, seperti dilansir oleh Times of India (18/10), berikut ini.

1. Nafas tersendat
Bra yang terlalu ketat atau jika kawat bra tidak pas dengan tulang payudara, kalian tak akan bisa bernafas dengan benar. Tentunya, bra terlalu ketat akan menyebabkan saluran pernapasan terganggu.

2. Pencernaan terganggu
Tak hanya pernapasan, bra yang terlalu ketat juga mengganggu jalannya sistem pencernaan. Sistem pencernaan bisa terhalang oleh bra yang terlalu menekan tubuh.

3. Sakit punggung
Jika bra tidak terpasang dengan sesuai dan tepat, maka tali bagian belakang bisa melukai punggung. Hal ini meningkatkan risiko timbulnya sakit punggung. Begitu juga dengan tali di bagian pundak. Seharusnya bra tak boleh membatasi gerakan Anda. Untuk itu, pilihlah ukuran bra yang tepat dan tidak terlalu ketat.

4. Postur tubuh buruk
Ketika bra menyebabkan tekanan pada tubuh, perlahan-lahan postur tubuh juga ikut terpengaruh. Secara tak sadar, lama kelamaan tubuh akan membungkuk.

5. Lecet
Bra yang terlalu ketat bisa membatasi sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tertentu tubuh. Selain itu, gesekan bra juga bisa menyebabkan goresan pada kulit.

6. Nyeri payudara
Sirkulasi yang terbatas pada bagian tubuh tertentu membuat Anda tidak nyaman. Ini bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara. Jika ini terjadi terus-menerus, rasa sakit tersebut akan memicu timbulnya kanker.

7. Kanker payudara
Bra yang terlalu ketat akan membatasi aliran getah bening ke payudara. Hal ini menyebabkan kadar racun meningkat dan berkumpul di payudara. Akibatnya, muncul kanker.

8. Sakit kepala
Aliran oksigen dan sirkulasi darah yang terbatasi pada bagian dada juga menghambat aliran ke otak dan kepala. Tentu saja, pada akhirnya bisa menyebabkan sakit kepala.
Itulah delapan masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat salah menggunakan ukuran bra. Selalu pilih bra dengan ukuran yang pas dengan tubuh Anda.

sumber : merdeka.com