Pages

Subscribe:

Jaga Kesehatan Prostat dengan Teh Hijau

klinik kesehatankuSebagai pecinta teh hijau, Anda boleh berbangga. Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa memperlambat perkembangan kanker prostat jika dikonsumsi enam cangkir setiap hari.

Temuan tersebut didapatkan dari riset yang menunjukkan pasien prostat yang dijadwalkan akan dioperasi pengangkatan prostat atau prostatektomi, mengalami penurunan inflamasi bila mereka banyak minum teh hijau seminggu sebelum operasi. Penurunan inflamasi tersebut akan menghambat perkembangan tumor.

Hasil penelitian tersebut akan dipresentasikan dalam pertemuan American Association for Cancer Research di California.

Kandungan polifenol dalam teh hijau diketahui memiliki efek melawan kanker prostat. Penelitian sebelumnya di Italia menunjukkan konsumsi ekstrak teh hijau akan menurunkan risiko prakanker menjadi kanker.

Penelitian lain juga menuinjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan di buah dan sayuran akan mengurangi risiko kanker prostat yang agresif.

Dalam penelitian terbaru ini, para peneliti berusaha menemukan potensi teh hijau sebagai antikanker dengan memfokuskan pada 67 pasien kanker prostat. Seluruhnya akan dioperasi dalam periode satu minggu ke depan. Separuh responden diberikan enam cangkir teh hijau dan sisanya hanya mengasup air.

Hasil analisa dari contoh darah dan urin serta contoh jaringan yang diambil saat operasi menunjukkan, kelompok yang diberi teh hijau secara signifikan memiliki level inflamasi lebih rendah dan juga nilai PSA dan kerusakan DNA. Tetapi antara kedua kelompok itu tidak ditemukan perbedaan pertumbuhan sel kanker.

"Sebenarnya beberapa jenis makanan juga punya efek proteksi kanker yang sama. Misalnya saja likopen dan asam lemak omega-3. Karena itu bagi pasien kanker disarankan untuk mengubah pola makannya, misalnya lebih banyak makan buah dan sayur serta minum teh hijau," kata Susanne Henning, ahli gizi dan peneliti.

Untuk mendapatkan efek perlindungan kanker, menurutnya diperlukan konsumsi teh hijau lebih banyak.

"Pasien dalam penelitian ini minum 6 cangkir teh hijau setiap hari karena polifenol teh hijau disekresi dengan cepat,"

sumber: kompas