Pages

Subscribe:

Pengobatan dgn hipnotis

Hipnotis adalah ilmu yang sudah dikenal sejak awal zaman sejarah. Saat itu Hippocrates yang dikenal sebagai bapak ilmu kedokteran, mempelajari seni penyembuhan yang terfokus pada otak sebagai pengatur emosi manusia. Pikiran dalam otak menjadi pusat yang mengontrol seluruh tubuh.

Perkembangan selanjutnya, muncul persepsi animal magnetisme. Artinya menyembuhkan penyakit dengan magnet yang ditempelkan pada tubuh manusia.

Namun, persepsi ini berkembang pada abad 19 dengan sebutan hipnotis, yang selanjutnya dikembangkan oleh para ahli. Orang yang menyebutnya pertama kali adalah James Braid, seorang psikolog. Kemudian dikembangkan kembali menjadi hipnotis modern oleh Franz Anton Mesmer, dari Perancis.

Makin lama, banyak ilmuwan yang merasa bahwa penyakit-penyakit tersebut dapat sembuh bukan karena bantuan magnet. Melainkan karena sugesti dari para pasiennya. Aplikasi ilmu hipnotis pun berkembang, menjadi hipnoterapi yang berfungsi sebagai terapi kesehatan. Hipnoterapi pun mulai dimanfaatkan untuk keperluan medis, seperti menghentikan kebiasaan merokok, fobia, depresi, juga stres.

Cara kerja
Sasaran hipnotis adalah otak kanan manusia. Otak kiri berurusan dengan logika, daya pikir, analisis, juga menghitung. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan imajinasi, fantasi, dan kreativitas. Jadi, perintah sebelum dijalankan masuk ke otak kiri terlebih dulu. Selanjutnya dianalisis apakah perintah tersebut bertentangan dengan moral atau tidak, bahaya atau tidak, merugikan atau tidak. Jika semuanya baik, perintah masuk ke otak kanan dan dijalankan.

Dapat dikatakan, otak kanan menjadi budak otak kiri. Nah, dengan hipnotis, otak kiri diperlemah sehingga sugesti yang diberikan masuk saja ke otak kanan. Namun otak kiri tetap bisa memonitor apakah perintah bertentangan dengan moral atau tidak. Intinya, dengan hipnotis, kekuatan analisisnya diperkecil.

Dengan prinsip di atas, maka saat seseorang jalan-jalan dan ditepuk pundaknya, dan lalu barangnya hilang, sama sekali bukan prinsip hipnotis. “Itu santet, gendam, atau sihir. Karena hipnotis tidak melakukan hal seperti itu. Mau dihipnotis sedalam apa pun, kalau saya suruh klien bunuh diri, tidak akan dilakukan. Disuruh membunuh orang pun tidak akan bisa.Kerjasama memang dibutuhkan dalam hipnoterapi.

Hipnoterapi bisa membantu banyak hal, asal dihasilkan oleh pikiran. Karena , semua yang dihasilkan oleh pikiran dapat diambil lagi oleh pikiran. Semua yang dihasilkan pikiran termasuk beberapa kondisi penyakit seperti fobia, depresi, stres, dan sebagainya.

Manfaat Hipnoterapi

Hipnoterapi dapat bermanfaat untuk kepentingan:
# Berhenti merokok
# Relaksasi
# Membuat keputusan
# Membantu mengembalikan memori yang hilang
# Semangat menghadapi ujian
# Membantu tidur
# Mengendalikan rasa sakit
# Diet atau mengurangi berat badan
# Menghentikan kebiasaan menggigit kuku
# Manajemen stres
# Meningkatkan rasa percaya diri
# Menyembuhkan depresi
# Menyembuhkan semua fobia
# Menghentikan kecanduan/ ketergantungan, seperti narkoba
# Menyembuhkan bulimia
# Menyembuhkan gagap dan mengatasi kegugupan
# Hipnotis diri

Sesi Hipnoterapi

Sesi hipnoterapi mencakup empat bagian:

# Sewaktu akan mulai, Anda akan mendengarkan penjelasan dari hipnoterapis mengenai hipnotis. Setelah dijelaskan, Anda akan memahami pengertian hipnotis.

# Hipnoterapis akan mendiskusikan tujuan masalah yang sedang Anda hadapi, serta memberi nasehat tentang terapi yang akan membantu mencapai hasil yang diharapkan.

# Setelah merasa nyaman dan rileks, sesi hipnotis yang sebenarnya akan dimulai. Anda akan dibawa ke dalam wilayah relaksasi fisik dan mental. Anda akan merasa rileks, namun pikiran tetap terjaga. Anda akan waspada terhadap apapun yang terjadi di sekitar Anda. Sugesti yang Anda harapkan untuk mengubah masalah yang sedang dialami akan diberikan pada pikiran alam bawah sadar. Sugesti ini akan masuk ke alam bawah sadar dan menjadi bagian dari diri Anda. Masalah pun akan tersingkirkan.

# Kemudian, Anda akan bangun dari hipnotis dengan sugesti kuat atas kondisi kesehatan yang baik dan perilaku positif. Anda akan merasa lebih baik. Setelah itu ada sesi untuk membicarakan deskripsi apakah perubahan yang diinginkan sudah ada di dalam diri Anda.