Pages

Subscribe:

Pengalaman Breastfeeding Fathers

Beberapa testimoni dari ayah tentang perannya membantu sang istri ketika menyusui bayinya, dapat dilihat pada contoh pengalaman para selebritis yang tengah menikmati perannya sebagai ayah berikut ini:

Gilang Ramadhan
“Saya selalu berusaha mencintai keluarga saya. Dulu saya dan istri (Shahnaz Haque-red), tidak punya masa pacaran, kami langusng menikah, dan langsung cepat punya anak. Jadi benar-benar surprise semuanya buat kami. Begitu punya anak, saya langsung berpikir bagaimana caranya membantu istri saya.

Saya juga membantu memandikan anak, mengganti popok, sampai menggendongnya saat anak saya bangun tidur tengah malam. Saya tidak mau membangunkan istri, lebih baik biarkan dia istirahat. Makin lama, semuanya menjadi kebiasaan. Saya sudah terbiasa bangun malam, anak kadang saya ajak ngobrol juga. Jadi, yang awalnya panik, jadi terbiasa.”

Gusti Randa
“Terus terang saja, sejak anak pertama sampai ke empat, saya tidak pernah mengurusi mereka. Tapi saya memberi kebebasan pada istri saya ketika ia ingin memberi ASI. Saya juga tidak harus takut jika payudara istri saya kendur misalnya. Yang penting anak saya sehat. Jadi saya beri kebebasan, dorongan, dan kebetulan istri saya termasuk ibu yang ASI-nya bagus. Ketika saya sering melihat dia memompa payudaranya untuk memperoleh ASI, itu merupakan pekerjaan yang mulia dan penuh pengorbanan.”

Pongky Jikustik
“Setelah Rangga lahir, semua kebiasaan hidup berubah. Yang tersulit adalah masa dimana kita harus bangun pagi. Dua bulan pertama, tenaga istri saya (Sophie Navita-red), masih kuat. Begitu Rangga nangis, dia langsung bangun dan lari ke kamar Rangga di sebelah kamar kami. Saat itu saya hanya bangun sejenak, lalu tidur lagi. Bulan ke tiga, dia mulai drop, saya kasihan padanya.

Sebenarnya, dengan Sophie di rumah mengurus Rangga dan saya yang kerja, bisa saja dilakukan. Tapi saya kasihan pada Sophie, pasti dia ingin kegiatannya kembali. Jadi saya cari tahu apa yang bisa saya lakukan. Saya telah mendapat informasi bahwa jika istri nyaman, ASI akan banyak keluar, anak pun senang. Sehingga saya berusaha membuat istri nyaman, dengan memijatnya ketika dia lelah, yang dapat membuat tidurnya lebih nyenyak. Jadi saling berbagi agar ASI pun banyak keluar.”