Pages

Subscribe:

Kopi Pencegah Diabetes

Orang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari, dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali, risiko terkena diabetes jauh lebih rendah. Demikian hasil penelitian skala besar yang dilakukan terhadap 80 ribu orang laki-laki dan perempuan selama 18 tahun di Amerika.

Penelitian ini ditujukan bagi laki-laki dan perempuan usia paruh baya yang sehat. Jenis kopi yang diminum pun dibedakan antara yang menggunakan kafein dan yang tidak.

Dibanding dengan orang yang bukan peminum kopi, sebagain besar pengonsumsi kopi dengan kafein adalah para perokok, biasa mengonsumsi makanan tinggi kalori, dan kurang berolah raga. Walaupun kenyataan bahwa “minum kopi” dan “pola hidup tidak sehat” saling berhubungan, namun herannya, risiko terkena diabetes lebih rendah.

Setelah dihubungkan pula dengan faktor usia dan dan faktor penting lain, diketahui bahwa perbandingan tingkat risiko terkena diabetes antara orang yang mengonsumsi kopi berkafein enam cangkir atau lebih, risiko terkena diabetes lebih rendah daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Perbandingan tingkat risiko terkena diabetes antara peminum kopi dan orang yang tidak minum kopi sama sekali adalah bagi peminum kopi berkafein adalah sebesar 50 persen untuk laki-laki, dan 30 persen untuk perempuan. Sedangkan bagi peminum kopi tanpa kafein, prosentase itu sebesar 30 persen untuk laki-laki, dan 20 persen untuk perempuan.