Pages

Subscribe:

Biji Kakao/ Cokelat Khasiat dan Manfaatnya


Biji Kakao/ Cokelat Khasiat dan Manfaatnya

Cokelat, Kakao atau dengan sebutan ilmiah Theobroma cacao merupakan tumbuhan berwujud pohon yang diduga berasal dari Amerika Selatan. Yang mana Dari biji tumbuhan ini akan dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.untuk Memperoleh Cokelat adalah melalui sejumlah proses memanggang atau sangrai, menghancurkan dan fermentasi.

Pohon Kakao, Kebun Kakao

Pohon kakao dapat mencapai ketinggian 10 meter dan menghasilkan bunga putih dengan nuansa merah muda adalah bakal buah. Nama ilmiah dari pohon kakao adalah Theobroma cacao, masih kerabat Sterculiacee dan ditemukan pertamakali oleh Christopher Columbus.

Kandungan Pada Biji Kakao Atau Cokelat yang Bermanfaat

Zat yang terkandung dalam kakao diwakili oleh lipid, karbohidrat dan protein serta mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi fosfor, dan natrium. Dan yang Sangat-Sangat penting adalah adanya bahan kimia dengan sifat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti kafein, tyramine serotonin, dan phenylethylamine. Dalam Biji Kakao Juga terdapat beberapa vitamin B, vitamin B3 di tertentu yang hadir dalam jumlah sedikit.

Biji Kakao dan Buah Kakao (Cokelat)


Manfaat Kakao (cokelat) Sebagai Pengobatan

Pertama, perlu diketahui bahwa kandungan biji kakao terdiri dari mineral, vitamin dan karbohidrat yang artinya biji ini banyak energi makanan dan kemudian dianjurkan untuk para olahragawan, tetapi juga bagi mereka yang berada di usia perkembangan. dark chocolate (Cokelat pahit misalnya) mengandung sejumlah antioksidan yang baik yang dapat melawan radikal bebas berbahaya dan memperlambat proses penuaan sel.

Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan di Inggris cukup untuk mengkonsumsi sekitar 20 gram dark chocolate sehari untuk memperpanjang kehidupan atau panjang umur.

Theobromine, ditemukan pada kakao bersama dengan kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, sementara serotonin memiliki kemampuan untuk "mendukung" sistem saraf dalam kasus-kasus depresicdan stres. Perlu juga di Perhatikan bahwa komponen lain kakao, tyramine, digunakan untuk penyiapan obat antidepresan.

Semua penelitian dilakukan pada kakao mengkonfirmasi bahwa manfaat terbesar bagi kesehatan kita oleh konsumsi dark chocolate (dengan catatan, jangan berlebihan), Secara Nyata, hanya dalam dark chocolate, mengandung epikatekin, flavonoid yang memberikan rasa pahit klasik, yang memiliki khasiat antioksidan.

Kakao dan Berbagai Jenis Cokelat

Untuk mendapatkan bubuk kakao diekstraksi bagian lemak dari biji, atau cocoa butter, coklat pasta, dan yang tersisa adalah membentuk bubuk kakao.
Dark chocolate: diperoleh dengan menambahkan coklat pasta lain cocoa butter, dalam prakteknya, proses terbalik dengan yang digunakan untuk memperoleh bubuk kakao.
Susu coklat: dark chocolate dibuat dengan menambahkan persentase susu dan gula.
Coklat putih: Jenis ini terdiri dari Kakao eksklusif, susu mentega dan gula.

dark chocolate, Cokelat


Kontraindikasi kakao atau Cokelat


Sebaiknya jangan diberikan pada anak-anak di bawah usia tiga tahun, karena dapat memicu reaksi alergi.
Pada orang dengan tekanan darah tinggi dan orang yang sering mengalami gugup dengan adanya kandungan kafein pada tanaman kakao bisa menonjolkan gejala-gejala. Untuk keberadaan tanin, bahan aktif memiliki sifat astringent, Menurut penelitian sangat disarankan konsumsi Cokelat pada orang dengan gangguan sembelit dan wasir. Polifenol dalam coklat memblokir aktivasi sel yang terlibat dalam proses inflamasi dan pada saat yang sama menentang agregasi trombosit dalam darah, mengurangi resiko serangan jantung.