Pages

Subscribe:

Chronic Myelogenous Leukemia (myelogenous leukemia kronis)

Defenisi
Myelogenous leukemia kronis (CML) adalah jenis umum dari kanker sel darah. Istilah "kronis" pada leukemia myelogenous menunjukkan bahwa kanker ini cenderung berkembang lebih lambat dibandingkan bentuk akut leukemia. The "myelogenous" merupakan istilah (mi-uh-uh-Loj-nus) pada leukemia myelogenous kronis yang mengacu pada jenis sel yang terkena kanker ini.

Leukemia myelogenous kronis juga dapat disebut leukemia myeloid kronis dan leukemia kronis granulocytic. Leukemia myelogenous kronis biasanya mempengaruhi orang dewasa dan jarang terjadi pada anak-anak, meskipun dapat terjadi pada usia berapa pun.

CML adalah bentuk leukemia yang ditandai oleh peningkatan pertumbuhan yang tidak teratur dan didominasi myeloid sel di sumsum tulang dan akumulasi dari sel-sel dalam darah. CML adalah gangguan sumsum tulang klonal sel induk di mana proliferasi matang granulosit ( neutrofil , eosinofil , dan basofil ) dan prekursornya adalah rujukan temuan utama. CML adalah jenis penyakit myeloproliferative terkait dengan karakteristik translokasi kromosom yang disebut kromosom Philadelphia. CML kini sebagian besar diobati dengan
inhibitor tirosin kinase (TKI), seperti imatinib (Gleevec / Glivec), dasatinib , atau nilotinib yang dapat memberi harapan tingkat kelangsungan hidup secara dramatis dan penggunaannya meningkat sejak diperkenalkan dalam dekade terakhir.

Tanda dan Gejala
Pasien sering tidak merasakan gejala pada saat diagnosis dan menyajikan peningkatan sel darah putih pada hitung sel darah putih pada tes laboratorium rutin. Dalam pemantauan ini, CML harus dibedakan dari reaksi leukemoid, yang dapat memiliki penampilan yang serupa pada hapusan darah. Gejala CML dapat meliputi : nyeri pembesaran limpa di sisi kiri, malaise, nyeri sendi dan atau pinggul, demam ringan, peningkatan kerentanan terhadap infeksi, anemia, dan trombositopenia dengan mudah memar (meskipun peningkatan platelet count ( trombositosis ) juga dapat terjadi pada CML), dan penurunan berat badan tanpa jelas.

Etiologi
Leukemia myelogenous kronis terjadi ketika kesalahan dalam gen dari sel-sel darah. Tidak ada keterangan jelas awal set off proses ini, tetapi dokter telah menemukan bagaimana CML berkembang menjadi leukemia myelogenous kronis.

Pertama, kromosom abnormal berkembang
Sel manusia biasanya berisi 23 pasang kromosom. Kromosom ini memegang DNA yang berisi instruksi (gen) yang mengendalikan sel-sel dalam tubuh manusia. Pada orang dengan leukemia myelogenous kronis, kromosom dalam sel darah bertukar bagian satu sama lain. Satu bagian dari kromosom 9 bertukar tempat dengan bagian kromosom 22, menciptakan kromosom 22 ekstra-pendek dan kromosom ekstra panjang 9.

22 kromosom ekstra-pendek disebut kromosom Philadelphia, nama untuk kota di mana ia ditemukan. Kromosom Philadelphia ditemukan dalam sel-sel darah dari 90 persen orang dengan leukemia myelogenous kronis.

Kedua, kromosom yang abnormal menciptakan gen baru
Kromosom Philadelphia menciptakan gen baru. Gen dari kromosom 9 menggabungkan dengan gen kromosom 22 untuk membuat gen baru yang disebut BCR-ABL. Gen BCR-ABL berisi instruksi yang memberitahu sel darah abnormal untuk menghasilkan terlalu banyak protein yang disebut kinase tirosin. Tirosin kinase dapat mencetuskan kanker dengan memungkinkannya sel darah tertentu untuk tumbuh di luar kendali.

Ketiga, gen baru memungkinkan produksi terlalu banyaknya sel darah yang sakit/abnormal
Sel darah manusia berasal dari sumsum tulang, bahan spons dalam tulang. Ketika fungsi tulang sumsum normal, menghasilkan sel-sel yang belum matang (sel induk darah) dengan cara yang terkontrol. Sel-sel ini kemudian matang dan mengkhususkan dalam berbagai jenis sel darah yang beredar dalam tubuh - sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. 
Dalam leukemia myelogenous kronis, proses ini tidak bekerja dengan benar. Tirosin kinase yang disebabkan oleh gen BCR-ABL menyebabkan terlalu banyak sel darah putih. Sebagian besar atau semuanya mengandung kromosom Philadelphia abnormal. Sel-sel darah putih yang sakit tidak tumbuh dan mati seperti sel normal. Sel-sel darah putih yang sakit terbentuk dalam jumlah besar, crowding out sel-sel darah yang sehat dan merusak sumsum tulang.

Klasifikasi
Tahapan leukemia myelogenous kronis
Fase leukemia myelogenous kronis mengacu pada agresivitas penyakit. Menentukan fase dengan mengukur proporsi sel yang sakit ke sel-sel sehat dalam darah atau sumsum tulang. Proporsi yang lebih tinggi dari sel yang sakit berarti leukemia myelogenous kronis pada tahap yang lebih maju.

Tahapan leukemia myelogenous kronis termasuk:
  • Kronik fase kronis adalah fase awal dan umumnya memiliki respon terbaik untuk pengobatan. Selama fase ini, pasien biasanya mengalami tanpa gejala atau hanya gejala ringan kelelahan, nyeri sisi kiri, nyeri sendi dan / atau pinggul, atau perut kepenuhan. Durasi fase kronis adalah variabel dan tergantung pada bagaimana awal penyakit ini didiagnosis serta terapi yang digunakan. Dengan tidak adanya perawatan, penyakit ini dapat berlangsung ke fase akselerasi
  • Dipercepat. Tahap dipercepat adalah fase transisi ketika penyakit menjadi lebih agresif. Kriteria WHO mungkin yang paling banyak digunakan, dan menentukan fase akselerasi oleh salah satu dari berikut:
        * 10-19% myeloblasts dalam darah atau sumsum tulang
        * > 20% basofil dalam darah atau sumsum tulang
        * Platelet count <100.000, tidak berhubungan dengan terapi
        * Platelet count> 1.000.000, tidak responsif terhadap terapi
        * Sitogenetika evolusi dengan kelainan baru selain kromosom Philadelphia
        * Meningkatkan splenomegali atau jumlah sel darah putih, tidak responsif terhadap terapi
  • Blastic. Fase Blastic adalah fase parah agresif yang dapat mengancam jiwa. krisis Ledakan didiagnosis jika salah satu dari berikut ditemukan pada pasien dengan CML :
        * > 20% myeloblasts atau lymphoblasts dalam darah atau sumsum tulang
        * Adanya ledakan di sumsum tulang pada biopsi dalam jumlah besar
        * Pengembangan chloroma (fokus padat leukemia di luar sumsum tulang)
Tes Diagnostik
Tes darah.
Hitung darah lengkap (CBC) dapat mengungkapkan kelainan pada sel-sel darah. Tes kimia darah untuk mengukur fungsi organ juga dapat mengungkapkan kelainan yang dapat membantu membuat diagnosis.

Tes sumsum tulang.
Biopsi sumsum tulang dan aspirasi sumsum tulang yang digunakan untuk mengumpulkan sampel sumsum tulang untuk pengujian laboratorium. Tes ini melibatkan pengumpulan sumsum tulang dari tulang pinggul.
Tes untuk mencari kromosom Philadelphia tes khusus
Seperti hibridisasi in situ fluoresensi (IKAN) analisis dan polymerase chain reaction (PCR) tes,. Menganalisa sampel darah atau sumsum tulang untuk mengetahui kehadiran kromosom Philadelphia atau gen BCR-ABL.

Pengobatan
Tujuan pengobatan leukemia myelogenous kronis adalah untuk menghilangkan sel-sel darah yang mengandung gen BCR-ABL abnormal yang menyebabkan pertumuhan yang belebihan dari sel darah yang sakit. Bagi kebanyakan orang, hal ini tidak mungkin untuk menghilangkan semua sel yang sakit, tetapi pengobatan dapat membantu mencapai remisi jangka panjang dari penyakit.

Target obat
Obat Target dirancang untuk menyerang kanker dengan berfokus pada aspek tertentu dari sel-sel kanker yang memungkinkan untuk tumbuh dan berkembang biak. Dalam leukemia myelogenous kronis, target obat ini adalah protein yang dihasilkan oleh gen BCR-ABL - tirosin kinase. Target obat yang menghambat aksi dari tirosin kinase termasuk Imatinib (Gleevec), Dasatinib (Sprycel) dan Nilotinib (Tasigna)

Obat Target adalah pengobatan awal bagi kebanyakan orang yang didiagnosis dengan leukemia myelogenous kronis. Jika penyakit ini tidak merespon atau menjadi resisten terhadap obat yang ditargetkan pertama, maka dapat dipertimbangkan obat yang ditargetkan atau perawatan lainnya. Efek samping dari obat-obatan yang ditargetkan meliputi pembengkakan atau bengkak pada kulit, mual, kram otot, ruam, kelelahan, diare, dan ruam kulit.

Para pakar belum menentukan titik aman di mana orang-orang dengan leukemia myelogenous kronis dapat berhenti minum obat yang ditargetkan. Untuk alasan ini, kebanyakan orang terus menjalani obat yang ditargetkan bahkan ketika tes darah mengungkapkan penurunan leukemia myelogenous kronis.

Transplantasi darah sel induk
Sebuah batang sel darah transplantasi, juga disebut transplantasi sumsum tulang, menawarkan kesempatan hanya untuk obat definitif untuk leukemia myelogenous kronis. Namun, diperuntukkan bagi orang-orang yang belum dibantu oleh pengobatan lain karena transplantasi stem sel darah memiliki risiko dan membawa tingkat komplikasi yang serius.

Selama transplantasi stem sel darah, pemberian dosis tinggi dari obat kemoterapi yang digunakan untuk membunuh sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dapat dilakukan. Kemudian sel-sel induk darah dari donor atau sel-sel sendiri yang sebelumnya dikumpulkan dan disimpan diresapi ke dalam aliran darah. Sel-sel baru terbentuk baru, sel-sel darah yang sehat untuk menggantikan sel-sel yang sakit.

Kemoterapi
Obat kemoterapi biasanya dikombinasikan dengan perawatan lain untuk leukemia myelogenous kronis. Seringkali, pengobatan kemoterapi untuk leukemia myelogenous kronis diberikan berupa tablet. Efek samping dari obat kemoterapi tergantung pada obat yang digunakan.

Terapi biologi
Terapi biologis memanfaatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan kanker. Interferon obat biologis adalah versi sintetis dari sel sistem kekebalan tubuh. Interferon dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel-sel leukemia. Interferon dapat menjadi pilihan jika pengobatan lain tidak bekerja atau jika tidak dapat mengambil obat lain, seperti selama kehamilan. Efek samping dari interferon termasuk kelelahan, demam, gejala seperti flu dan penurunan berat badan.

Uji klinis
Uji klinis mempelajari pengobatan terbaru untuk penyakit atau cara baru untuk menggunakan perawatan yang ada. Mendaftarkan diri dalam percobaan klinis untuk leukemia myelogenous kronis dapat memberikan kesempatan untuk mencoba pengobatan terbaru, tetapi tidak dapat menjamin. Mendiskusikan manfaat dan risiko dari sebuah percobaan klinis haruslah dibicarakan secara mendalam pada pakarnya.


Sumber ;
  1. http://www.mayoclinic.com/health/chronic-myelogenous-leukemia/DS00564
  2. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000570.htm
  3. http://www.cancer.gov/cancertopics/pdq/treatment/CML/Patient/page1
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/Chronic_myelogenous_leukemia
  5. http://www.cancer.org/Cancer/Leukemia-ChronicMyeloidCML/index