Pages

Subscribe:

Wabah Salmonella di Eropa Berasal Dari Semangka


Ini peringatan bagi anda yang senang mengkonsumsi buah semangka. Baru-baru ini di sejumlah negara Eropa, satu orang dikabarkan meninggal dan 50 lainnya harus dirawat di rumah sakit akibat bakteri Salmonella yang kabarnya berasal dari Semangka impor asal Brasil. Serangan wabah bakteri salmonella dimulai sejak bulan Desember tahun lalu dan melibatkan puluhan hingga ratusan semangka yang telah dipotong dan siap dimakan.

Pejabat yang terkait di setiap negara telah mengeluarkan anjuran untuk mencuci semangka yang akan mereka konsumsi terlebih dahulu. Akan tetapi banyaknya orang yang masih belum mengetahui bahaya yang mengintai akibat tidak mencuci buah yang belakangan ini sangat populer di Eropa, membuat korban mulai berjatuhan
Menurut kabar yang dilansir Daily Mail, Jum'at (03/02/2012), setidaknya 70 persen korban berasal dari kaum perempuan, termasuk seorang balita yang berusia 6 bulan.

Diantara negara-negara Eropa yang terkena wabah Salmonella, Inggris raya menjadi negara yang paling banyak terjangkit dengan jumlah kasus mencapai 35 korban. 26 kasus diantaranya berasal di Inggris, 5 kasus di Skotlandia, 3 di Wales dan 1 di Irlandia Utara. Sementara, 15 kasus lainnya berasal dari Jerman

Kehadiran bakteri yang sangat berbahaya itu pertama kali diketahui oleh hasil temuan Lembaga Perlindungan Kesehatan di Inggris (HPA) dalam sebuah inspeksi rutin. Mereka menemukan adanya sampel bakteri Salmonella dalam Semangka yang diimpor dari Brasil.

15 korban mengaku telah memakan Semangka impor tersebut sebelum akhirnya jatuh sakit setelah dua hingga tiga hari kemudian.

Meski begitu, tim HPA belum bisa memastikan apakah bakteri tersebut memang benar-benar berasal dari Semangka itu karena masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

(Daily mail)