Pages

Subscribe:

Merendam Kedelai di Air Hangat Hasilkan Zat Anti Kanker


Washington: Seorang ilmuan asal india dan rekannya mengatakan bahwa merendam kedelai kedalam air hangat bisa menjadi sumber “hijau” baru untuk memproduksi Zat yang dapat melawan kanker.

Hari B. Krishan dan rekannya menjelaskan bahwa substansi Bowman-Birk Protease Inhibitor (BBI) memperlihatkan kemampuannya yang menjanjikan untuk mencegah beberapa bentuk kanker dalam beberapa uji klinis.

Dari hasil uji mereka terhadap manusia, membuktikan adanya bukti efek yang menguntungkan dari BBI, termasuk indikasi bahwa BBI yang berasal dari sejumlah besar diet kedelai tradisional masyarakat jepang dapat memperkecil kasus kematian akibat kanker di Jepang.

Namun, saat ini metode esktrasi BBI dari kedelai membutuhkan waktu yang lama dan memerlukan campuran bahan-bahan kimia lain.

Para ilmuan bertekad untuk mencari kemungkinan ditemukannya metode yang lebih “hijau” dan lebih bersahabat bagi lingkungan untuk memperoleh BBI.

Mereka menemukan bahwa benih kedelai yang diinkubasi kedalam air bersuhu 122oF secara alami akan mengeluarkan sejumlah besar senyawa BBI yang dapat dengan mudah dikumpulkan dan diambil dari dalam air.

Proteinnya nampak menjadi aktif, dengan test yang memperlihatkan berhentinya sel-sel kanker payu dara membelah dan memperbanyak diri dalam tabung laboratorium.

“Sejumlah BBI didalam biji kedelai akan beroksidasi dengan menginkubasi biji kedelai ini kedalam air hangat, ini merupakan metode sederhana sebagai alternatif untuk mengisolasi protein yang memiliki berat molekul rendah ini.

Penemuan ini dilaporkan dalam ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry