Pages

Subscribe:

Apel, Bawang dan Jeruk Dapat Mencegah Penggumpalan Darah



London: Mengkonsumsi sebuah apel atau jeruk setiap hari dapat mencegah pembekuan darah, kata seorang peneliti.

Sebuah team pada Harvard Medical School telah menemukan bahwa senyawa yang disebut “RUTIN” ditemukan dalam apel, jeruk dan bawang dapat mencegah terbentuknya penggumpalan darah pada pembuluh arteri dan pembuluh vena, seperti dilaporkan oleh Daily Mail.

Mereka meyakini bahwa senyawa “rutin” –juga terdapat pada teh hitam dan teh hijau—dapat digunakan sebagai pengobatan masa depan untuk mencegah serangan jantung dan struk

Dalam studi mereka, peneliti menemukan bahwa senyawa ini membantu memblokir ensim yang berpotensi membahayakan dalam pembentukan gumpalan darah, Ensim ini – protein disulfied isomerase (PDI) – dikeluarkan sangat cepat ketika pembekuan darah terbentuk dalam pembuluh arteri dan vena.

Dengan menggunakan model ilmiah pada komputer, mereka melakukan pengujian kemampuan 500 senyawa yang berbeda – termasuk rutin – untuk memblokir PDI. Mereka menemukan, selama pengamatan “rutin” adalah senyawa yang paling efektif.

Profesor Robert Flaumenhaft, yang memimpin studi ini mengatakan: “Rutin terbukti menjadi senyawa anti-trombotik yang paling potensial yang pernah kita uji dalam model ini. Gumpalan terjadi baik dalam arteri maupun vena. Gumpalan pada arteri kaya akan trombosit, sementara didalam vena kaya akan fibrin. Penemuan ini menunjukkan bahwa agen tungal terebut dapat mengobati dan mencegah kedua jenis penggumpalan ini.”

Dia menambahkan: ”Sebuah obat aman dan murah yang dapat mengurangi pembekuan darah yang terjadi secara berulang akan membantu menyelamatkan ribuan nyawa.”

Gumpalan darah atau trobosis, yang terjadi dalam arteri dan vena akan menghambat aliran darah itu sendiri. Jika sebuah gumpalan terjadi dalam salah satu pembuluh arteri/nadi utama yang menuju jantung akan menyebabkan serangan jantung. Sebuah gumpalan yang terjadi dalam pembuluh arteri yang menuju otak menyebabkan struk.