Pages

Subscribe:

Cara Alami Hindari Kanker Kerongkongan

PARA pria yang gemar makan buah dan sayur dikatakan bakal selamat dari serangan kanker kerongkongan. Demikian sebuah penelitian yang dilakukan tim dokter Jepang, Kamis. Penelitian yang diselenggarakan oleh kementrian kesehatan Jepang memonitor sekitar 39000 pria usia antara 45 hingga 74 tahun selama delapan tahun.

Kanker esophagus atau kerongkongan atau bahasa medisnya kerap dikenal dengan sebutan esophageal squamous cell carcinoma (SCC) merupakan tipe kanker yang paling umum diderita para pria Jepang, utamanya terkait oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Demikian disampaikan Shoichiro Tsugane, Kepala Divisi Epidemiologi dan Pencegahan pada Pusat Kanker Nasional, Jepang.

Para pria yang menjadi subyek penelitian ini dibagi emnjadi tiga kelompok dan ditemukan di antara mereka yang mengonsumsi banyak buah dan sayur ternyata sangat jauh dari risiko terkena esophageal SCC dibanding mereka yang konsumsinya minim.

"Setiap kali kita menambahkan konsumsi sayur dan buah sebanyak 100 gram setiap hari, 11 persen risiko terkena esophageal SCC menurun," jelas para ilmuwan. Penelitian ini akhirnya menyimpulkan bahwa sayuran, khususnya jenis sayuran dari keluarga cruciferous seperti lobak dan kubis bakal menurunkan risiko terkena kanker hampir sepertiga pada mereka yang gemar merokok dan minum alkohol.

Namun demikian, para ilmuwan ini mengingatkan bahwa langkah terbaik tetap saja menghentikan rokok dan minum alkohol. Perlu diketahui, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Britain Institute of Food Research bulan sebelumnya menyebutkan bahwa pria yang gemar mengonsumsi brokoli, salah satu jenis sayuran cruciferous, bakal terhindar dari kanker prostat dan penyakit kronis lain.