Pages

Subscribe:

Kidneystone (Batu Ginjal)

Review Ginjal
Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang yang terletak di bawah tulang rusuk ke tengah belakang, satu di setiap sisi tulang belakang. Ginjal membuang air tambahan dan limbah dari darah, memproduksi urin. Ginjal juga berfungsi unutuk menjaga keseimbangan garam dan zat lain dalam darah. Ginjal memproduksi hormon yang membantu membangun tulang yang kuat dan membentuk sel darah merah.

Defenisi Batu Ginjal (Kidneystone)
Batu ginjal, juga dikenal sebagai kalkulus ginjal (dalam bahasa latin dekenal sebagai ren, yang berarti "ginjal" dan kalkulus, "kerikil") adalah padatan konkresi atau kristal agregasi yang terbentuk di ginjal dari mineral makanan di urin. Batu kemih biasanya diklasifikasikan berdasar lokasinya ; di ginjal (nefrolitiasis), ureter (ureterolithiasis), atau kandung kemih ( cystolithiasis ), atau dengan komposisi kimia mereka ( kalsium yang mengandung, struvite , asam urat , atau senyawa lainnya). Batu ginjal merupakan sumber signifikan dari morbiditas. 80% dari orang dengan batu ginjal adalah pria. Pria paling sering mengalami episode pertama pada usia antara usia 30-40 tahun, sedangkan untuk wanita berrdasarkan usia di presentasi pertama pada umur usia lebih tua.


Batu ginjal biasanya meninggalkan tubuh larut dalam aliran urin, dan batu banyak terbentuk dan berlalu tanpa menyebabkan gejala. Jika batu tumbuh ke ukuran yang cukup (biasanya minimal 3 milimeter ), dapat menyebabkan obstruksi ureter. Obstruksi saluran kemih menyebabkan azotemia postrenal dan hidronefrosis (distensi dan pelebaran dari pelvis ginjal dan calyces ), serta kejang ureter. Hal ini menyebabkan nyeri paling sering dirasakan di panggul (daerah antara tulang rusuk dan pinggul), perut bagian bawah dan selangkangan (suatu kondisi yang disebut kolik ginjal ). Kolik ginjal dapat dikaitkan dengan mual, muntah, demam, darah dalam urin, nanah dalam urin, dan nyeri saat buang air kecil. Kolik ginjal biasanya berlansung 20 - 60 jam, dimulai pada pinggul atau punggung bagian bawah dan sering menjalar ke paha atau alat kelamin. Para diagnosis batu ginjal dibuat berdasarkan informasi yang diperoleh dari riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, urinalisis, dan radiografi studi. USG pemeriksaan dan tes darah juga dapat membantu dalam diagnosis.

Ketika batu tidak menimbulkan gejala, hal ini harus diwaspadai dan merupakan pilihan yang valid. Untuk batu bergejala, kontrol nyeri biasanya ukuran pertama, menggunakan obat seperti non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs) atau opioid. Kasus yang lebih parah mungkin memerlukan intervensi bedah. Sebagai contoh, beberapa batu bisa hancur menjadi fragmen yang lebih kecil dengan menggunakan gelombang kejut lithotripsy extracorporeal (ESWL). Beberapa kasus memerlukan invasif lebih berupa tindakan operasi. Contoh dari ini adalah sitoskopis prosedur seperti laser yang lithotripsy, atau perkutan teknik seperti percutaneous nephrolithotomy. Biasanya, tabung (stent ureter) dapat ditempatkan di ureter untuk mengatasi obstruksi dan mengurangi gejala, serta untuk mencegah penyempitan saluran kemih setelah pengangkatan batu ureteroscopic.

PatofisiologiTingkat Kejenuh air seni 
Ketika urin menjadi jenuh (ketika urin pelarut mengandung lebih zat terlarut) dengan satu atau lebih zat calculogenic (kristal pembentuk), sebuah kristal benih bisa terbentuk melalui proses nukleasi. Nukleasi heterogen (media permukaan padat di mana kristal dapat tumbuh) hasil lebih cepat dari nukleasi homogen (dimana kristal harus tumbuh dalam medium cair tanpa permukaan tersebut), karena memerlukan lebih sedikit energi. Mengikuti sel-sel pada permukaan papila ginjal, kristal benih dapat tumbuh dan agregat menjadi massa terorganisir. Tergantung pada komposisi kimia dari kristal, proses pembentukan batu dapat berlanjutkan lebih cepat ketika pH urin dalam ukuran nilai tinggi atau rendah.

Tingkat kejenuh dari air seni terhadap senyawa calculogenic adalah tergantung pH. Sebagai contoh, pada pH 7,0, kelarutan asam urat dalam urin 158 milligrams/100 mililiter. Mengurangi pH menjadi 5,0 menurunkan kelarutan asam urat menjadi kurang dari 8 milligrams/100 mililiter. hal ini dapat terlihat bahwa pembentukan batu asam urat membutuhkan kombinasi dari hiperurikosuria (kadar asam urat urin tinggi) dan pH urin rendah; hiperurikosuria saja tidak terkait dengan pembentukan batu asam urat jika pH urin bersifat basa. Kejenuhan dari urine adalah kondisi yang diperlukan untuk menilainya sebagai faktor pembentuk batu tetapi tidak cukup untuk membentuk dari setiap kalkulus kemih. Kejenuh memungkinan sebagai penyebab asam urat dan batu sistin, tetapi kalsium berbasis batu (terutama batu kalsium oksalat) memiliki etiologi yang lebih kompleks.  

Inhibitor pembentukan batuUrine normal mengandung chelating agen seperti sitrat yang menghambat nukleasi, pertumbuhan, dan agregasi kalsium yang mengandung kristal. Inhibitor Endogen termasuk calgranulin (suatu protein yang mengikat S-100 kalsium ), protein Tamm-Horsfall (THP), glikosaminoglikan, uropontin (suatu bentuk osteopontin ), nephrocalcin (sebuah asam glikoprotein ), pro trombin F1 peptida, dan bikunin (uronic asam kaya protein). Mekanisme biokimia tindakan zat ini belum sepenuhnya dapat dijelaskan lebih explisit. Namun, ketika zat ini jatuh di bawah proporsi normal, batu dapat terbentuk dari sebuah agregasi kristal.

Batu ginjal merupakan hasil dari faktor kombinasi, namun bukan penyebab tunggal yang jelas. Stones lebih sering terjadi pada orang yang diet sangat tinggi protein hewan atau yang tidak mengkonsumsi cukup air atau kalsium. Hal ini merupakan hasil dari kondisi metabolik yang mendasari, seperti asidosis tubulus distal ginjal,  hiperparatiroidisme, utamanya hyperoxaluria atau meduler ginjal spons

Etiologi
Faktor makanan yang meningkatkan risiko pembentukan batu mencakup asupan cairan yang rendah, dan asupan makanan tinggi hewan protein, natrium, gula halus, fruktosa dan sirup jagung fruktosa tinggi, oksalat, jus jeruk, jus apel, dan cola minuman.
Beberapa kondisi medis yang berbeda dapat menyebabkan peningkatan risiko untuk mengalami batu ginjal :
  • Gout merupakan hasil jumlah dalam tempo cukup lama dari peningkatan asam urat dalam darah dan urin dan dapat menyebabkan pembentukan batu asam urat.
  • Hiperkalsiuria (kalsium yang tinggi dalam urin), dapat menyebabkan batu lebih dari setengah kasus kejadin. Dalam kondisi ini, terlalu banyak kalsium diserap dari makanan dan diekskresikan ke dalam urin, dimana membentuk kalsium fosfat atau batu kalsium oksalat.
  • Kondisi lain yang terkait dengan peningkatan risiko batu ginjal meliputi hiperparatiroidisme penyakit ginjal, seperti asidosis tubular ginjal, termasuk cystinuria dan hyperoxaluria.
  • Penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga berhubungan dengan peningkatan risiko terkena batu ginjal.
  • Orang dengan penyakit inflamasi usus juga lebih mungkin untuk mengembangkan batu ginjal.
  • Mereka yang telah menjalani pintas intestinal atau operasi ostomy juga pada peningkatan risiko batu ginjal.
  • Beberapa obat juga meningkatkan risiko batu ginjal. Obat-obat ini termasuk beberapa diuretics, kalsium yang mengandung antasida, dan protease inhibitor indinavir (Crixivan), obat yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV.
  • Faktor makanan dapat meningkatkan risiko pembentukan batu pada individu yang rentan. Secara khusus, asupan cairan yang tidak memadai sebagai predisposes dehidrasi, yang merupakan faktor risiko utama untuk pembentukan batu. Perilaku diet lain yang dapat meningkatkan risiko individu membentuk batu ginjal termasuk asupan tinggi protein hewani, diet tinggi garam, konsumsi gula berlebihan, konsumsi yang berlebihan dari suplemen vitamin D, dan asupan oksalat yang berlebih terdapat dalam makanan seperti bayam. Yang lebih menarik lagi adalah rendahnya tingkat asupan diet kalsium dapat mengubah keseimbangan kalsium oksalat dan mengakibatkan ekskresi oksalat dan peningkatan kecenderungan untuk membentuk batu oksalat.
Tanda dan Gejala
Ciri dari batu yang menyumbat ureter atau pelvis ginjal adalah adanya nyeri intermiten yang memancar dari panggul ke pangkal paha atau daerah kelamin dan paha bagian dalam. Jenis tertentu dari rasa sakit, yang dikenal sebagai kolik ginjal. Kolik ginjal yang disebabkan oleh batu ginjal umumnya disertai dengan urgensi kemih, gelisah, darah dalam urin, berkeringat, mual dan muntah. Hal ini biasanya berlangsung 20 - 60 menit yang disebabkan oleh peristaltik kontraksi ureter karena upaya untuk  mengeluarkan batu. Azotemia postrenal dan hidronefrosis dapat diamati setelah obstruksi aliran urin melalui satu atau kedua ureter.

Diagnosa Test
Tes darah biasanya tidak diindikasikan, kecuali penyedia layanan kesehatan memiliki keprihatinan tentang diagnosis atau khawatir tentang komplikasi batu ginjal.

Computerized tomography (CT) scanning perut tanpa pewarna kontras oral atau intravena adalah tes diagnostik yang paling umum digunakan. Scan akan menunjukkan anatomi dari ginjal, ureter, dan kandung kemih dan dapat mendeteksi batu, lokasinya, ukuran, dan apakah itu yang menyebabkan pelebaran ureter dan radang ginjal. CT juga dapat mengevaluasi organ lain di perut, termasuk usus buntu, kandung empedu, hati, pankreas, aorta, dan usus. Namun, karena tidak ada bahan kontras digunakan, ada beberapa keterbatasan dengan detail yang dapat diamati pada gambar scan.

USG merupakan cara lain untuk mencari batu ginjal dan obstruksi dan mungkin berguna ketika risiko radiasi dari CT scan tidak diinginkan (misalnya, jika seorang wanita hamil). USG membutuhkan orang yang secara khusus terlatih untuk menafsirkan gambar dan tidak selalu tersedia.

Pada pasien yang sudah memiliki diagnosis batu ginjal, gambaran polos perut sinar-X dapat digunakan untuk melacak gerakan menuruni ureter menuju kandung kemih. Selain itu, pada pasien dengan penyakit ginjal yang diketahui batu, pencitraan tidak mungkin diperlukan jika diagnosis tampaknya pasti, sehingga jumlah radiasi sinar-X yang dapat terakumulasi selama seumur hidup diminimalkan.

Pengobatan
Terapi MedisObat-obatan tertentu untuk membantu mencegah kalsium dan batu asam urat. Obat-obatan ini mengontrol jumlah asam atau alkali dalam urin, faktor kunci dalam pembentukan kristal. Obat Para allopurinol juga dapat berguna dalam beberapa kasus hiperurikosuria.

Mengontrol hiperkalsiuria, dan dengan demikian dapat mencegah batu kalsium dengan obat diuretik tertentu, seperti hydrochlorothiazide. Obat-obatan ini mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh ginjal menjadi urin dengan mendukung retensi kalsium dalam tulang. Obat ini bekerja dengan baik ketika asupan natrium rendah.

Pasien dengan hiperkalsiuria diberi natrium selulosa obat fosfat, yang mengikat kalsium di usus dan mencegah bocor/masuk ke dalam urin.

Jika batu sistin tidak dapat dikontrol dengan minum lebih banyak cairan, obat-obatan seperti Thiola dan Cuprimine dapat membantu mengurangi jumlah sistin dalam urin.

Untuk batu struvite yang telah benar-benar diatasi, tujuan pertama pencegahan adalah untuk menjaga urin bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Urin seorang pasien akan diuji secara teratur untuk memastikan tidak ada bakteri yang hadir. Jika batu struvite tidak dapat dihapus, biasanya diberikan obat yang disebut acetohydroxamic acid (AHA). AHA digunakan dengan jangka panjang bersama obat-obatan antibiotik untuk mencegah infeksi yang menyebabkan pertumbuhan batu.

Orang dengan hiperparatiroidisme kadang-kadang mengalami batu kalsium. Pengobatan pada kasus ini biasanya operasi untuk mengangkat kelenjar paratiroid, yang terletak di leher. Dalam kebanyakan kasus, hanya salah satu kelenjar diperbesar.

Bedah PengobatanPada masa 20 tahun lalu, operasi terbuka diperlukan untuk menghilangkan batu. Operasi membutuhkan waktu pemulihan dari 4 sampai 6 minggu. Saat ini, pengobatan untuk batu-batu ini sangat meningkat, dan banyak pilihan yang tidak memerlukan operasi terbuka dan dapat dilakukan dalam suasana rawat jalan.

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy
Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) adalah prosedur yang paling sering digunakan untuk pengobatan batu ginjal. Dalam ESWL, gelombang kejut yang dipancarkan ke tubuh melalui jaringan kulit  memukul/menggetarkan batu padat. Batu-batu memecah menjadi partikel kecil dan mudah melewati saluran kemih dalam urin.

Terdapat beberapa jenis perangkat ESWL. Kebanyakan perangkat menggunakan sinar x atau USG untuk membantu ahli bedah menentukan batu selama pengobatan. Untuk sebagian besar jenis prosedur ESWL, tindakan anestesi sangat diperlukan.

Dalam banyak kasus, ESWL dapat dilakukan secara rawat jalan. Waktu pemulihan yang relatif singkat, dan kebanyakan orang dapat melanjutkan aktivitas normal dalam beberapa hari.

Komplikasi mungkin terjadi dengan terapi ESWL. Beberapa pasien memiliki darah dalam urin mereka selama beberapa hari setelah perawatan. Ketidaknyamanan memar dan minor di bagian belakang atau perut dari gelombang kejut dapat terjadi. Untuk mengurangi risiko komplikasi, biasanya dokter mengatakan kepada pasien untuk menghindari minum aspirin dan obat-obatan lainnya yang mempengaruhi pembekuan darah selama beberapa minggu sebelum perawatan.

Kadang-kadang, partikel-partikel batu hancur menyebabkan penyumbatan kecil ketika serbuk ini melalui saluran kemih dan menyebabkan ketidaknyamanan. Dalam beberapa kasus, dokter akan memasukkan tabung kecil yang disebut stent melalui kandung kemih ke dalam ureter untuk membantu fragmen keluar. Terkadang batu itu tidak sepenuhnya hancur dengan satu pengobatan, dan perawatan tambahan mungkin diperlukan.

Seperti halnya, risiko prosedur intervensi bedah, komplikasi potensial maka harus didiskusikan dengan dokter sebelum membuat keputusan pengobatan.

Pencegahan
Langkah-langkah dietTerapi spesifik harus disesuaikan dengan jenis batu ginjal. Diet dapat memiliki pengaruh besar pada perkembangan batu ginjal. Strategi pencegahan mencakup beberapa kombinasi modifikasi diet dan obat-obatan dengan tujuan mengurangi beban ekskretoris senyawa calculogenic pada ginjal.rekomendasi diet saat ini untuk meminimalkan pembentukan batu ginjal meliputi :
  • Meningkatkan asupan cairan dari cairan yang mengandung banyak sitrat (terutama sitrat cairan seperti limun dan jus jeruk ), dengan tujuan untuk meningkatkan urin output untuk lebih dari 2 liter per hari
  • Mencoba untuk mempertahankan kalsium (Ca) asupan 1000-1200 mg per hari
  • Membatasi natrium (Na) asupan kurang dari 2300 mg per hari
  • Membatasi vitamin C asupan menjadi kurang dari 1000 mg per hari
  • Membatasi asupan protein hewani tidak lebih dari 2 kali sehari, dengan kurang dari 170-230 gram per hari
  • Membatasi konsumsi makanan yang mengandung jumlah tinggi oksalat (seperti bayam, stroberi, kacang, rhubarb, bibit gandum, cokelat hitam, coklat, teh seduh )
Pemeliharaan urin encer dengan terapi cairan kuat yang bermanfaat dalam segala bentuk nefrolitiasis, meningkatkan volume urin adalah prinsip kunci untuk pencegahan batu ginjal. Asupan cairan harus cukup untuk mempertahankan output urine minimal 2 liter (68 US floz) per hari. Sebuah asupan cairan yang tinggi telah dikaitkan dengan penurunan 40% risiko kekambuhan.


Sumber :
  1. http://kidney.niddk.nih.gov/kudiseases/pubs/stonesadults/
  2. http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000458.htm
  3. http://www.medicinenet.com/kidney_stone/article.htm
  4. http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=58944&page=5
  5. http://www.mayoclinic.com/health/kidney-stones/DS00282/DSECTION=causes
  6. http://en.wikipedia.org/wiki/Kidney_stone
  7. http://www.webmd.com/kidney-stones/default.htm